Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BLAMER VS RESPONSIBLE

Sudah lama tidak menulis tentang “pikiran” rindu juga saya mengetiknya. Maklum 7 tahun belajar ternyata ngak pernah membuat saya merasa tahu malah semakin haus sama ilmu ini. semoga ada juga sahabat yang menyukainya juga.

Yang mau saya bahan sekarang adalah perilaku blamer penuduh dan perilaku responsible bertanggung jawab.

Pola pikir mereka yang blamer sangat mudah terlihat. Perhatikan ketika mereka berbicara. Selama mereka menemukan masalah dan mengatakan masalah itu di luar “dirinya” maka itu ciri utamanya.

Misalnya begini, seorang ibu rumah tangga menemukan sebuah fakta bahwa ternyata setiap lebaran pembantu di rumahnya pulang kampung dan ngak ada yang balik kerumahnya lagi. Lalu dia mengatakan, payah nih pembantu sekarang ngak ada yang setia! Pembantu sekarang pilih-pilih sarana rumah dan malas. Pembantu sekarang matre semua!

Begitulah cara dia “melihat masalah. Jadi sewaktu dia “blaming” masalah itu diluar dan itu masuk kategori menunjukan “masalah di luar dirinya” dia berkepribadian “blamer”.

Ketika seseorang merasa sulit mencari pekerjaan, sulit mencari uang, dan mulai mengatakan bahwa ini salah pemerintah, salah jokowi, memang jaman lagi lesu, maka itu masuk kategori menunjuk “masalah di luar dirinya”.

Sementara perilaku yang memiliki pribadi berlawan dari blamer mereka adalah pribadi bertanggung jawab. Ketika sebuah peristiwa yang sama terjadi seperti : sulit cari kerja, sulit cari uang maka dia mulai melakukan instrospeksi kepada dirinya. Apa kurang bagus penampilan dirinya, apa kurang giat kerja dirinya, dan semakin “kedalam” dia melihat dirinya dan melakukan merubah itulah orang yang bertanggung jawab.

Seperti contoh di atas masalah pembantu, ketika pembantu tidak balik lagi kerumahnya selama mudik lebaran maka dia mulai mereview dirinya dan merubah perilakunya. Dia mereview apakah mungkin kalau dia berkata, dia berkata-kata kasar, apakah pembantunya tidak di beri keleuasaan, apakah suasana rumah yang tegang dan memberi rasa tidak nyaman, dia terus mereview dirinya dan mulai berubah, inilah yang dimaksud pribadi bertanggung jawab. #peace