Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui HP Kita Disadap Orang Lain Atau Tidak

Cara mengetahui hp kita disadap - Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, pastinya kita harus waspada dan berhati-hati terhadap tindak kejahatan yang ada didalamnya.
cara mengetahui hp disadap atau tidak

Banyak sekali orang yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk melakukan hal-hal yang positif seperti mencari uang, membuka toko online, mencari ilmu, dan sebagainya. Namun, tak sedikit juga orang yang memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal yang negatif, seperti menyadap HP seseorang, yang kemudian menyalahgunakan informasi didalamnya.
Untuk itu, sangat penting mengetahui informasi bagaimana cara untuk melihat apakah HP kita sedang disadap atau tidak. Agar tidak terjadi hal buruk menimpa kita.

Tips mudah mengetahui Hp kita sedang disadap atau tidak

- Pertama tama, masuk menu dial, lalu ketik #61# atau #21# dan pilih panggil
cara mengetahui hp disadap atau tidak

Nah supaya bisa mengetahui hp kita disadap orang lain atau tidak, jika disitu tertulis Tidak diteruskan atau Not forwarding, berarti HP Anda aman, tidak disadap oleh siapapun.
cara mengetahui hp disadap atau tidak

Namun, jika ternyata di menu SMS, data, dan panggilan tertulis Diteruskan atau Forwarding, berarti HP Anda sedang disadap oleh seseorang. Kadang, bisa juga terdapat nomor HP yang tak dikenal dan bisa jadi nomor tersebut adalah nomor pelakunya.

Anda tidak perlu khawatir, jika memang HP Anda sedang disadap, Anda harus menghentikannya dengan segera. Untuk menghentikan penyadapannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

- Pilih menu dial, lalu ketik ##002#, lalu panggil
cara mengetahui hp disadap atau tidak

Setelah itu, semua fitur yang diteruskan atau forwarding akan terhapus. Anda akan mendapatkan notifikasi seperti gambar dibawah ini.
cara mengetahui hp disadap atau tidak

Bagaimana tidak terlalu sulit bukan, mengecek HP kita sedang disadap atau tidak, serta mengatasinya dengan segera. Namun, tak hanya itu saja, Anda juga perlu berhati-hati terhadap kepolisian

CyberCrime. Pernahkah Anda mendengar istilah BDSC atau Big Data Cyber Security?
Sekarang ini, banyak sekali kasus BDSC terpasang di ponsel Anda. Sistem ini digunakan untuk mengambil semua informasi yang terkait pada HP tersebut. semua data mulai dari chattingan di berbagai macam aplikasi, data pribadi, dan semuanya dapat terekam di sistem tersebut.

Untuk mengetahuinya, ada cara mudah yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara mengetahui hp kita disadap orang lain atau tidak berikut ini:

- Pilih dial, ketik *#06#, lalu panggil
cara mengetahui hp disadap atau tidak

Apabila yang muncul adalah nomor IMEI saja, HP Anda tidak masuk dalam sistem BDCS. Namun, jika yang muncul ada tulisan IMEI/01 ataupun IMEI/02, itu artinya HP Anda memiliki sistem tersebut yang dipantau oleh pihak kepolisian Cyber.
cara mengetahui hp disadap atau tidak

Nah diatas adalah caranya untuk mengetahui apakah HP Anda memiliki sistem BDCS atau tidak. Meski tak semua HP terpasang sistem ini, namun tentunya tak ada salahnya jika segera mencari tahu apakah HP Anda terpasang sistem tersebut atau tidak.
~|~
Sayangnya, untuk penyadapan yang terakhir ini, masih belum bisa dihentikan. Bagaimanapun juga sistemnya langsung ditanamkan di HP. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari hal-hal yang mengandung SARA, melakukan hal-hal yang melanggar hukum negara, melakukan hal-hal berbau pornografi, atau hal-hal buruk lainnya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada kita.
~|~

Status Hukum untuk Kasus Penyadapan Handphone di Berbagai Negara

Selain cara mengetahui hp kita disadap atau tidak oleh orang lain dwicara juga akan berikan info yang perlu diketahui, bahwa penyadapan Hp/telepon sebenarnya secara resmi dikontrol sangat ketat dikebanyakan negara, tak terkecuali di negara-negara berkembang seperti Indonesia.
~|~
Jika merujuk pada ketentuan hukum yang berlaku, penyadapan Hp/telepon memerlukan persetujuan khusus dari pengadilan atau pihak yang membidangi masalah ini, dan biasanya penyadapan tersebut hanya akan disetujui bila  bertujuan untuk mengecek/mendeteksi suatu tindak kejahatan/kriminal atau berbagai tindakan kegiatan sejenis yang menghalangi penegakan hukum. Jadi, intinya, penyadapan Hp/telepon merupakan tindakan ilegal dan tidak sah serta tergolong sebagai tindak pidana. .
~|~
Meskipun begitu ada di beberapa negara khusus, salah satunya Jerman, dimana di negara tersebut pengadilan bisa menyetujui penyadapan ilegal tanpa perlu persetujuan pihak lain, meski pihak yang disadap tersebut bisa saja mengajukan tuntutan.
Dan untuk di negara Amerika Serikat, di bawah Undang-undang Pengawasan Intelijen Asing, serta badan intelijen federal bisa mendapatkan akses untuk  melakukan tindak penyadapan, namun dalam keadaan tertentu/khusus.
~|~
Nah, itulah diatas informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengetahui hp kita disadap orang lain atau tidak, serta hal terkait lainnya. Semoga bermanfaat.