Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Password Akun Instagram Sendiri Via Hp

Cara melihat password instagram Sendiri- media sosial memang harus selalu diingat agar kita tidak mengalami kesulitan saat ingin login ke aplikasi tersebut. Namun, biasanya dengan banyaknya media sosial atau semakin lama kita tidak membukanya, kita bisa lupa dengan password media sosial tersebut, tak terkecuali Instagram.


Kerahasiaan dan keamanan akun Instagram Anda memang dijamin dengan password. Maka, jika Anda lupa dengan password tersebut, Anda dipastikan tidak akan bisa masuk kea kun Instagram Anda. Namun, jika hal ini terjadi pada Anda, sebenarnya masih ada beberapa langkah cara melihat password Instagram sendiri yang bisa kita coba.

Cara Melihat Password Instagram Sendiri dari Browser

Jika Anda selalu menggunakan browser untuk membuka Instagram, biasanya sistem browser tersebut akan secara otomatis menyimpan kata sandi yang Anda masukkan. Terlebih misalnya pada Google Chrome jika Anda telah meng-klik pilihan “Ya” pada opsi “Ingat kata sandi untuk situs ini?”. Google Chrome akan secara otomatis menyimpan kata sandi tersebut sampai Anda membersihkan cache dan history browser.

Untuk mengetahui password Instagram, Anda cukup melakukan logout terlebih dahulu. Kemudian setelah Anda berada di halaman depan laman Instagram, maka biasanya kolom login alamat email/nomor telefon dan password sudah terisi secara otomatis. Namun, password biasanya disembunyikan dengan tanda bintang (*).

Anda bisa mengklik ikon bentuk mata tepat di sebelah kolom password untuk mengubahnya menjadi tulisan. Nah, dengan cara ini Anda sudah bisa mengetahui password Instagram yang sempat terlupa. Namun, cara ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda benar-benar yakin bahwa browser yang digunakan telah menyimpan password Instagram Anda. Jika ternyata tidak, maka Anda justru tidak akan bisa masuk kembali ke akun Instagram dan lupa dengan passwordnya.

Cara Melihat Password Instagram Sendiri dengan Alamat Email

Jika Anda lupa dengan password Instagram, namun Anda masih dalam kondisi terhubung (tetap login) pada aplikasi tersebut, maka Anda bisa melihat password dengan sangat mudah. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan diantaranya adalah:

1. Masuklah pada aplikasi atau laman instagram.com pada browser smartphone atau komputer.

2. Kemudian setelah Anda masuk pada beranda Instagram, klik ikon profil dengan ikon foto Anda di bagian pojok kanan bawah layar.

3. Setelah masuk pada halaman profil, kemudian klik ikon tiga titik/garis di bagian pojok kanan atas layar Anda.

4. Scrolling ke bawah terus opsi yang ada, hingga Anda menemukan pilihan “Kata Sandi”. Pada aplikasi instagram versi lama, opsi ini ditulis “Atur ulang kata sandi”.

5. Kliklah “Atur ulang kata sandi”.

6. Kemudian secara otomatis, Instagram akan mengirimkan tautan ke alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar Instagram.

7. Bukalah pesan masuk email tersebut. Pada pesan itu, biasanya Instagram akan memberitahukan password lama Anda dan tautan/link untuk mengganti dengan password yang baru.

8. Sampai pada langkah ini, Anda sudah mengetahui kembali password lama Anda. Jadi Anda tak perlu meng-klik link ganti password yang disediakan Instagram dan abaikan saja email tersebut.

9. Password Anda tidak akan berubah selama Anda tidak meng-klik link reset password yang dikirim melalui email.

Gunakan Fitur Lupa Password di Halaman Login Instagram

Meskipun Anda telah lupa dengan password yang digunakan untuk akun Instagram Anda, akun tersebut masih bisa dipulihkan dengan bekal alamat email atau nomor telefon yang dulu Anda gunakan saat membuat Instagram.

Poin yang telah dijelaskan sebelumnya di atas adalah untuk pengguna yang masih terhubung dengan akun instagramnya. Namun jika Anda sudah terlanjur logout dari akun Instagram, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuklah pada aplikasi Instagram yang ada di smartphone atau bisa juga melalui browser komputer Anda.

2. Kemudian, setelah Anda berada pada halaman awal Instagram, maka akan ada pilihan “Lupa password?” atau dalam versi bahasa Inggris “Forgot password?”.

3. Klik link tersebut.

4. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman reset password. Untuk mengetahui kata sandi Anda, masukkan alamat email, nomor handphone, atau username yang Anda gunakan saat mendaftar Instagram.

5. Setelah itu, klik ikon “Reset password” berwarna biru di bagian bawah kolom “email, phone, or username”.

6. Jika Informasi yang Anda masukkan sudah benar, maka Instagram akan mengirimkan tautan melalui email atau nomor handphone tersebut.

7. Anda akan diberitahu oleh Instagram tentang password lama akun Anda. Jika Anda tidak ingin menggantinya dengan password baru, maka Anda tinggal mengabaikan permintaan reset password melalui email tersebut.

Cara Melihat Password Instagram Sendiri dengan Bantuan Facebook

Jika akun Instagram Anda terhubung dengan facebook, maka ada langkah mudah untuk mengetahui dan mereset ulang password Instagram tersebut. Cara ini bisa Anda tempuh hanya jika Anda juga tidak lupa dengan password akun facebook yang dimiliki.

Langkah-langkah yang harus Anda ikuti sebagai berikut:

1. Bukalah aplikasi Instagram di smartphone atau melalui laman
www.instagram.com pada browser Anda.

2. Pada halaman login, di bagian bawah kolom isian alamat email dan password, Anda akan menemukan link “Masuk dengan Facebook”.

3. Klik link tersebut. Jika kedua akun ini telah ditautkan, maka akan ada pemberitahuan “Anda sebelumnya masuk ke Instagram dengan Facebook. Apakah Anda ingin melanjutkan?” klik ikon “Lanjutkan”.

4. kemudian Anda akan diminta untuk mengisikan alamat email/ nomor telefon dan password facebook Anda dan klik “Masuk”.

5. Jika informasinya sudah benar, maka Anda akan secara otomatis bisa masuk kembali ke akun instagram Anda.

Itulah beberapa pilihan cara melihat password Instagram sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.