Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Akun Instagram Kembali di HP

Cara mengaktifkan instagram - Seperti akun-akun media sosial lainnya, Instagram pun ternyata bisa dinonaktifkan dan diaktifkan kembali sesuai dengan keinginan penggunanya. Memang ada kalanya seseorang merasa perlu untuk menonaktifkan akun instagramnya. Namun, suatu ketika orang tersebut tiba-tiba ingin membuka dan menggunakan kembali akun instagram tersebut. Nah, karena itulah, Instagram pun tetap memberikan opsi cara mengaktifkan Instagram kembali bagi penggunanya.

Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Anda\

Cara Mengaktifkan Instagram Yang dinonaktifkan Pihak Instagram

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas buat akun instagram lewat hp dan sebelum kita mengikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali akun Instagram, ada baiknya Anda pahami dulu apa perbedaan antara menonaktifkan sementara dan menghapus akun tersebut. Karena kedua pilihan tersebut memberikan dampak yang berbeda bagi para pengguna Instagram.

Jika sebelumnya Anda telah memutuskan untuk menghapus akun Instagram, maka akun tersebut bisa dikatakan sudah terhapus permanen. Profile pribadi, foto-foto yang tersimpan, serta riwayat aktivitas baik like atau komentar Anda pada postingan pengguna lain akan terhapus secara permanen. Anda atau pengguna lain tidak akan bisa menemukan semua fitur tersebut, meskipun mencarinya pada mesin pencari sekalipun. Jika Anda telah menghapus akun Instagram secara permanen, maka sudah bisa dipastikan, Anda tidak akan bisa mengaktifkan kembali akun tersebut.

Berbeda jika sebelumnya Anda hanya menonaktifkan sementara akun Instagram Anda. Dengan bantuan fitur nonaktifkan akun sementara ini, Anda bisa dengan mudah mengaktifkan kembali akun Instagram, kapanpun dan dimanapun Anda inginkan.

Cara Mengaktifkan Instagram Kembali

Cara mengaktifkan Instagram kembali sangatlah mudah. Jika sebelumnya untuk menonaktifkan akun Instagram harus melalui laman www.instagram.com di browser komputer atau smartphone, maka kali ini untuk mengaktifkannya kembali Anda bisa melakukannya dari aplikasinya saja. Namun, Anda juga tetap bisa mengaktifkannya kembali melalui browser.

Untuk mengembalikan kembali akun Instagram Anda, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Jika Anda sudah terlanjur menghapus aplikasi Instagram di smartphone, maka Anda perlu mendownloadnya kembali.

2. Langkah lainnya, Anda bisa membuka laman www.instagram.com melalui browser komputer atau smartphone Anda.

3. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman awal Instagram. Anda kemudian tinggal memasukkan nomor telefon atau alamat email yang terhubung dengan Instagram dan password.

4. Kemudian klik ikon “Log in” berwarna biru yang berada di bagian bawah layar.

5. Jika informasi email/nomor telefon dan password yang Anda masukkan telah benar, maka Anda akan langsung diarahkan pada halaman beranda/home akun Instagram Anda.

6. Mungkin juga, Anda harus melewati beberapa petunjuk yang ditampilkan pada layar. Biasanya, Instagram akan memberikan penjelasan mengenai syarat dan ketentuan penggunaan yang terbaru. Selain itu, Instagram juga biasanya meminta verifikasi nomor telefon untuk memastikan bahwa yang membuka kembali akun Instagram adalah benar-benar pemilik akun tersebut.

Bagaimana Jika Saya Lupa Password Instagram?
Ada kalanya karena sudah terlalu lama Anda menonaktifkan sementara akun Instagram, Anda jadi lupa password untuk Instagram tersebut. Jika hal ini terjadi, Anda tak perlu khawatir. Karena Instagram sendiri juga menyediakan fitur “Lupa Password” bagi penggunanya.

Anda tinggal klik tulisan “Lupa Password?” yang berada di bagian kanan ikon “Log in”. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun Instagram Anda. Beberapa waktu kemudian, pihak Instagram akan mengirimkan email kepada Anda. Bukalah email tersebut, dan klik tautan yang diberikan.

Setelah itu, biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan password baru. Pastikan Anda membuat password baru yang mudah diingat, namun tetap aman dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Mengajukan Permohonan Aktivasi Akun
Jika akun Anda dinonaktifkan oleh pihak Instagram karena suatu hal, misalnya saja dianggap telah melanggar aturan dan kebijakan Instagram, maka satu-satunya cara adalah dengan mengajukan permohonan aktivasi akun.

Untuk memastikan bahwa akun Anda ditangguhkan oleh pihak Instagram, maka Anda bisa mengeceknya  dengan log in seperti biasa. Jika setelah log in dengan informasi email dan password yang benar, namun Anda kemudian melihat pesan “Your account has been disabled”, maka artinya akun Instagram Anda telah ditangguhkan. Anda dianggap telah melanggar syarat, ketentuan, atau kode etik post Instagram. Selain itu, biasanya ada pengguna lain yang telah melaporkan akun Anda karena dianggap melanggar aturan, kemudian pihak Instagram pun menyetujui aduan tersebut.

Untuk bisa mengembalikan akunInstagram yang telah ditangguhkan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi situs bantuan Instagram dengan alamat https://help.instagram.com/contact/ melalui browser komputer atau smartphone Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak bisa mengajukan permohonan aktivasi akun melalui aplikasi Instagram.

2. Masukkan nama depan dan belakang sesuai dengan yang Anda cantumkan di Instagram pada kolom “Full Name”.

3. Ketikkan username atau nama pengguna Anda pada kolom “Your Instagram Username”.

4. Pada kolom “Your email address” masukkan alamat email Anda yang terhubung dengan Instagram.
5. Pada kolom “Your phone number”, masukkan nomor telefon yang sebelumnya telah Anda gunakan untuk verifikasi akun Instagram.

6. Pada kolom terakhir, berikan penjelasan singkat tentang alasan mengapa akun instagram Anda tidak boleh ditangguhkan.
Ingatlah bahwa alasan ini akan dicek langsung oleh manusia dan bukan mesin. Jadi pastikan Anda menggunakan kata-kata yang sopan. Jangan sampai Anda menyalahkan pihak Instagram karena akun telah ditangguhkan.

7. Langkah terakhir adalah dengan meng-klik ikon “Send” berwarna biru yang berada di bagian bawah halaman.

Setelah permohonan tersebut dikirim, pihak Instagram akan meninjaunya. Anda juga bisa mengajukan permohonan aktivasi akun beberapa kali lagi sambil menunggu keputusan dari pihak Instagram.

Itulah informasi singkat mengenai cara mengaktifkan Instagram yang harus Anda ketahui.