Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Buat Email Baru Lewat HP Beserta Manfaat Akun Gmail

Contoh Buat email baru lewat hp android - Sebagaimana yang kita ketahui, sekarang ini platform email yang banyak digunakan masyarakat adalah gmail. Bisa dibilang, memiliki akun gmail menjadi hal yang penting, apalagi bagi anak sekolah maupun pekerja. Di era perkembangan zaman ini, banyak pekerjaan yang harus dikirimkan melalui gmail. Bahkan komunikasi secara resmi banyak juga dilakukan secara tertulis dengan gmail.
buat email baru lewat h[

Nah, untuk bisa berkirim pesan melalui gmail, Anda tentu harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Bagi anda yang belum memiliki akun, Anda bisa membuatnya melalui PC atau bisa juga dibuat hanya dengan menggunakan smartphone  android / iphone .

Langkah-langkah Cara Buat Email Baru Lewat HP Android Terupdate


Bagi Anda yang belum tahu cara membuat akun gmail baru melalui smartphone, yuk perhatikan langkah-langkah berikut ini!

1. Langkah pertama Buat email baru lewat hp android pertama-tama, klik “Google Grub” pada android Anda.
daftar email baru

2. Disana Anda akan menemukan beberapa aplikasi bawaan hp. Anda tinggal pilih dan klik “Gmail”. Seperti gambar di bawah ini!
cara buat email

3. Setelah membuka “Gmail” maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini! Lanjutkan dengan klik “tanda garis 3” yang terdapat di pojok kiri atas.
buat email dari hp langsung jadi

4. Selanjutnya klik “tambah akun”
buat email yahoo

karena Anda akan membuat akun email gmail baru, maka pilih “Google”. Perhatikan gambar di bawah ini, untuk lebih jelasnya.
contoh buat email

Tunggu loading beberapa saat, google sedang menyiapkan halaman untuk membuat gmail baru untuk Anda.
masuk email

5. Setelah setelai loading, maka panduan Buat email baru lewat hp android akan muncul halaman yang mengarahkan Anda untuk membuat akun gmail baru. Klik “Buat Akun”, karena Anda akan membuat akun gmail baru.
masuk gmail


6. Maka Anda akan diarahkan menuju ke halaman untuk mengisi formulir data diri. Isi dengan nama Anda, sesuai yang Anda inginkan.
gmail login

Bagaimana jika hanya memiliki nama satu kata atau tidak memiliki nama belakang?

Anda bisa menggunakan nama apapun untuk membuat nama belakang. Perlu diketahui, bahwa Google tetap membutuhkan “Nama Belakang”, sehingga Anda harus mengisinya.

Lalu klik “BERIKUTNYA”.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi informasi pribadi lainnya seperti “tanggal lahir” dan “jenis kelamin”.
langkah langkah membuat email baru

Lalu klik “BERIKUTNNYA”

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman yang meminta Anda untuk membuat atau memilih alamat email yang direkomendasikan gmail. Akan muncul seperti gambar di bawah ini!

Anda juga bisa mengklik  “Gunakan nomor telepon” untuk memasukkan nomor telepon sehingga Anda bisa juga login dengan nomor telepon.
contoh alamat gmai

Lalu lanjutkan dengan klik “BERIKUTNYA”.

Catatan: Gunakan nama yang unik atau yang belum pernah digunakan. Karena jika nama alamat gmail yang Anda pilih sudah digunakan, maka akan muncul keterangan “Nama pengguna tersebut telah digunakan”.

7. Langkah selanjutnya prosedur Buat email baru lewat hp android yang benar adalah, Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat password  atau kata sandi dengan mengisi kolom “Buat sandi”. Perhatikan gambar di bawah ini!

Klik tanda mata yang dicoret untuk menampilkan kata sandi yang Anda buat.

Keterangan: Kata sandi yang Anda masukkan minimal 8 karakter. Anda bisa menggabungkan huruf, simbol, atau angka untuk membuat password yang lebih kuat.

Selanjutnya, ulangi kata santi dengan mengisi kolom “Konfirmasi sandi”. Tulis kembali kata sandi Anda. Lalu klik “BERIKUTNYA”.

8. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman yang meminta Anda memasukkan nomor telepon. Anda bisa mengisi nomor telepon yang aktif lalu klik “BERIKUTNYA” atau klik “LEWATI” jika tidak ingin mengisi nomor telepon sekarang.
cara cepat buat emai

9. Setelah itu, akan muncul halaman yang menampilkan “Privasi & Persyaratan”. Baca dan scrool ke bawah. Lalu klik “SAYA SETUJU”.
daftar email lewat hp android

10. Maka akan muncul halaman yang menampilkan alamat akun gmail Anda dan password sesuai yang telah Anda buat.
buat email baru lewat hp xiaomi

Selanjutnya, Anda bisa langsung klik “BERIKUTNYA”.

Selesai.

Anda akan dibawa ke halaman gmail Anda. Artinya akun gmail sudah siap digunakan. Anda bisa berkirim pesan dengan akun gmail ke teman-teman Anda. Mudahkan maka tahapan Buat email baru lewat hp android akan selesai?

Manfaat memiliki akun gmail


Tidak hanya sebagai formalitas saja, akun gmail yang Anda buat sebenarnya memiliki manfaat luar biasa yang menguntungkan, diantaranya:

• Menyaring spam

Gmail memiliki fitur penyaringan pesan yang dikirimkan ke alamat gmail Anda. Hal ini bisa mencegah adanya spam, virus, dan iklan atau pesan yang dicurigai mengandung spam.

• Memiliki fitur hangout

Gmail juga menyediakan fitur “hangout” yang memungkinkan Anda dan teman pengguna lainnya melakukan chatting interaktif tanpa harus berkirim pesan di gmail. Hangout di desain layaknya messanger yang tidak hanya untuk chatting, namun bisa juga melakukan video call.

• Memiliki akses ke google drive

Dengan memiliki akun gmail, Anda memiliki akses google drive yang memungkinkan untuk menyimpan file di dalamnya. Anda juga bisa mengirimkan file secara langsung yang telah Anda simpan, ke alamat gmail lainnya.

• Dapat digunakan untuk membuat akun lain

Akun gmail yang Anda miliki bisa digunakan untuk membuat akun lain seperti blog, youtube, maupun akun media sosial. Hampir setiap platform atau media sosial akan meminta Anda untuk memasukkan alamat akun gmail saat mendaftar.

• Dapat membuat google plus

Dengan memiliki akun gmail, Anda bisa membuat akun google plus sekaligus. Layaknya seperti akun media sosial, Google plus juga memungkinkan Anda untuk berbagi informasi kepada pengguna lain.

Menarik bukan? Itulah beberapa manfaat jika Anda memiliki akun gmail. Segera buat akun gmail untuk memudahkan pekerjaan Anda. Ikuti Contoh Buat email baru lewat hp Android seperti langkah di atas. Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat.